Orientasi Perpustakaan

Posted on September 19, 2012

0


Di ITB, setiap tahun ajaran baru, seluruh mahasiswa baru diwajibkan mengikuti program yang namanya “Orientasi Perpustakaan”. Orientasi? wah di ospek dong? ehhhh nanti dulu…. orientasi disini bukan acara ospek-ospekan yaa… Sesuai namanya, kita kembalikan ke titah awal pengertian orientasi itu sendiri, yaitu pengarahan. Jadi orientasi perpustakaan di sini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa baru tentang semua hal yang berkaitan dengan Perpustakaan di ITB. Mengenai profilnya, layanannya hingga tata cara pemanfaatannya.

Kenapa orientasi ini diberikan? Ada beberapa hal yang mendasari, antara lain: masih banyak mahasiswa baru yang belum pernah berkunjung ke perpustakaan atau ada pula yang belum mengerti sistem layanan meski sering berkunjung. Selain itu, orientasi ini sebenarnya memperkenalkan fitur perpustakaan yang “tidak sekedar” menyediakan informasi atau buku saja. Bisa memperkenalkan event yang akan berlangsung atau bisa “ngapain aja sih” di perpustakaan itu.

Khusus untuk mahasiswa pascasarjana, orientasi perpustakaan ini lebih difokuskan kepada tata cara pencarian dan penelusuran informasi ilmiah dari jenis koleksi yang berbentuk cetak, terutama lagi dalam bentuk elektronik atau digital. Saya pun baru “ngeh” jika ternyata masih banyak mahasiswa pascasarjana yang tidak tau bagaimana menelusur e-journal, atau bahkan tidak terbayang apa itu e-books. Nah, mungkin dari situlah, mengapa orientasi ini diberikan dan pada akhirnya diwajibkan.😀 hehehehe….

Berikut beberapa contoh presentasi untuk orientasi perpustakaan di ITB:

1. Orientasi Perpustakaan Pascasarjana ITB

2. Penelusuran e-journal dan e-book

3. Digital Repository

 

Ada yang berniat kuliah di ITB? Karena nanti anda akan bertemu dengan saya…😉

Posted in: Bahasan Umum, My Life