Oh Please….

Posted on May 4, 2010

2


Sebenernya saya jarang nulis tentang LFC… bukan karena apa-apa, hanya karena saya kurang pandai menganalisa sebuah pertandingan atau pun situasi di lapangan… Saya cukup mengerti, namun tidak pernah berniat untuk menumpahkannya dalam sebuah tulisan… Namun, musim terakhir ini, benar-benar memancing saya untuk mengatakan sesuatu, setelah banyak komentar, anggapan, kritikan bahkan cacian, yang rasanya lucu jika hal tersebut ternyata dikemukakan oleh orang yang “tidak tau apa-apa” tentang LFC…

Tadi pagi, saya sempat membaca sebuah artikel yang ditulis oleh David Gore di sini... dengan judul If This is Goodbye, I Salute you Rafa Benitez…. Isinya tentang fakta dan cerita selama Rafa Benitez menjadi manager Liverpool FC. Harus diakui, menurut saya, Rafa Benitez adalah seorang manager yang cukup kreatif dan berpandangan berbeda dari manager lainnya… Saya ingat, sampai-sampai ada sebuah situs yang mengajak supporter untuk menebak siapa yang akan menjadi starting XI yg dipilih Rafa dalam sebuah pertandingan, saking unpredictable-nya pemikiran seorang Rafa Benitez…

Musim 09-10 bisa dikatakan musim yang amat sangat buruk untuk Liverpool… Tanpa gelar apa-apa, bahkan lolos untuk ikut liga champion pun tidak…. plus ditambah dengan banyaknya cedera pemain dan owner yang meninggalkan hutang segunung…. dan dalam beberapa pertandingan, sistem rotasi yang diterapkan Rafa, tidak berjalan seperti seharusnya, menyebabkan kesalahan banyak ditimpakan kepadanya… well I say, Poor Rafa…..

No, I never blame Rafa…. Budget transfer yang minim jelas bikin Rafa lebih pusing daripada manager lainnya. Dia harus memanfaatkan sisa pemain yang ada, memanfaatkan pemain yang dijual dengan budget minim, dan meski banyak yang mengatakan pembeliannya gagal, namun banyak yang lupa… semua pemain yang awalnya dia beli, adalah pemain “bukan siapa-siapa”, berubah menjadi pemain yang dipanggil timnas di negaranya…. Apakah itu bukan tangan dingin namanya? Xabi Alonso contohnya, waktu dia beli dulu, bukan pemain bintang, namun sekarang? Dia dibeli Madrid lebih tinggi dari harga saat dikontrak LFC. Jangan lupa juga, Rafa membawa harkat Liverpool kembali disegani di Eropa setelah menang UCL 2005….

Musim ini semua berbanding terbalik dari musim sebelumnya, dimana LFC menjadi runner-up Liga Primer Inggris. But hey, semua klub pernah mengalami masa sulit… dan bukan manager yang harusnya disalahkan… faktor penentu suatu klub sukses itu ada banyak, not just the manager….

Are you supporter? Supporters should support their club no matter what happen, whether they’re winning or losing, and not take the blame only to one person… whether the manager nor the player…

Of course, when you love a club, you surely want them to win… but in any competition, none of them is continuing on winning in every game….

Yes I hate when we’re losing.. but it’s doesn’t make me want blame someone….

Yes I hate it when Manc win the title again, but it doesn’t make me giving up on the last home game…. frankly, I don’t give a damn about Manc… whether they won the title for 19, 20, or 100…. I only care about LFC… that’s all….

For those fans who always complaining every time we are losing….

I would say, “Oh please, get a life…. “

Posted in: Bahasan Umum, LFC, My Life