Photovoices – Photo Exhibition

Posted on April 28, 2010

0


Telat Update nih sebenernya, pengen nulis tentang Photovoices International….

US Embassy melalui American Corner bekerja sama dengan Perpustakaan Pusat ITB, mengadakan pameran foto dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day 2010), dengan tema “Voices from the Archipelago”. Nah, yang menarik disini, pameran foto tersebut diadakan oleh sebuah organisasi bernama Photovoices International.

Dimana “photovoices” itu sendiri merupakan sebuah metode pengambilan foto yang berbeda, yang mana biasanya sebuah foto diambil oleh seorang fotografer profesional, dalam photovoices ini, semua foto yang dipamerkan diambil langsung oleh masyarakat daerah pedalaman, yang telah diajarkan sebelumnya bagaimana cara pengambilan gambar dengan sebuah kamera digital sederhana. Inti dari metode ini bukanlah hasil foto yang harus sempurna dari segi seni fotografi, namun makna dari foto itu sendiri. Bagaimana mereke berusaha menyampaikan tradisi, adat, ritme kehidupan keseharian mereka, dengan mengambil foto, oleh mereka sendiri, yang bertujuan agar yang melihatnya nanti lebih merasakan pesan-pesan yang hendak disampaikan. Dengan dibantu oleh beberapa orang fasilitator yang memberikan keterangan dalam setiap gambar yang diambil, foto-foto yang dihasilkan menjadi lebih banyak berbicara.

Pameran yang dibuka langsung oleh Direktur Pendidikan ITB (Dr. Ir. Kadarsah Suryadi), Environment Officer dari US Embassy (Machut A. Shishak), dan Photovoices Coordinator for Indonesia (Saraswati, SE), pada hari Selasa, 20 April 2010 lalu. Pamerannya sendiri berlangsung hingga tanggal 23 April 2010. Selain pameran, juga ada acara Workshop Fotografi dan Diskusi Panel tentang perubahan iklim dunia.



Ini adalah beberapa contoh foto yang dipamerkan:

Dan ini pose waktu penutupannya…….

Posted in: My Life