Heboh kaus merah…

Posted on April 19, 2010

2


Jumat kemarin, dunia per-twitter-an heboh kasus kaos merah yg digunakan oleh seorang public figure…. Kenapa dibilang heboh, karena kaos tersebut bergambar dan bertulisan yg mengejek (menghina) sebuah klub bola tertentu.. ini dia gambarnya:

Kenapa itu dianggap menghina, karena tulisan “we’d rather walk alone” dianggap mengejek slogan Liverpool FC yg berbunyi “You’ll Never Walk Alone”, ditambah lagi dengan gambar burung Liverbird yang ditusuk oleh trisula si Setan Merah.

Kenapa heboh? entahlah, itu yg saya kurang mengerti. Akibat gambar tersebut, twitter sang public figure penuh dengan kritikan, umpatan, bahkan hujatan….hingga merembet ke hujatan yg menyinggung masalah pribadi.

Padahal, dilihat dari kronoloigisnya, sang public figure ini pun memakai kaos tersebut karena diminta oleh salah seorang temannya, dan mungkin, entah karena tidak mengerti arti gambar tersebut, dia tanpa sungkan memakai kaos merah tersebut. Sang public figure ini pun sebenernya sudah meminta maaf via twitternya, dan keadaan sudah mulai mendingin. Sayangnya salah seorang tweeps yg katanya jg fans Liverpool, malah menghujat si public figure denga menyerempet ke masalah pribadi. Keadaan yg memanas nyaris berujung di ranah hukum. Untungnya, sang tweeps itu meminta maaf lewat twitter pula.

Kejadian di atas bener-bener sangat disayangkan. Apalagi sampai membuat para supporter Liverpool, dikatakan kampungan. Seharusnya hal-hal semacamnya tidak dibesar-besarkan, karena di negara asalnya sana pun, di Inggris, ejek mengejek melalui media kaos sudah merupakan hal yang biasa, merupakan cara lumrah dari sebuah “cara seru dalam mendukung sebuah klub”.

Saya rasa seorang manchester akan, misal, dipukuli di jalan di Liverpool hanya karena menggunakan baju yang bernada provokatif, apalagi sampai dituntut dan diminta permintaan maaf secara publik di depan warga kota Liverpool, tentu hal ini sangat lebay. (mengutip kang HH dari forum kami)

Saya sendiri pendukung Liverpool, dan ketika saya melihat gambar itu, hanya tertawa saja. Saya juga tau, beberapa teman pun menbuat gambar dan kaos yg juga bernada “mengejek” klub lain. Kenapa juga harus meributkan hal-hal yg rasanya ga penting untuk dibesar-besarkan. Well, mungkin karena yg pake kaos itu public figure jadinya rame…. hahaha… entah lah….. tapi seharusnya tidak perlu lah hanya karena permasalahan kaos aja, jadi saling menghujat. Kalo anda tidak suka, toh bisa kan mengekspresikan ketidaksukaan anda dengan bahasa yg lebih sopan, dan atau mungkin seorang public figure sebaiknya berhati-hati sebelum menggunakan sesuatu, entah itu kaos atau pun media lainnya.

Any way, karena semua sudah maaf-maafan, saya harap semua dapat berakhir damai, tidak ada lagi hujat menghujat. Toh saya pendukung Liverpool, adik saya pendukung MU, so what? kita ga pernah hujat menghujat, kaos bersebrangan cuma jadi jokes aja….

Try to be good supporter, not just fans…..

Posted in: Bahasan Umum