Uang pecahan 2000 baru….

Posted on August 14, 2009

0


Sebenernya uang pecahan baru yg bernominal 2000 rupiah ini sudah diluncurkan sejak tgl. 9 Juli 2009 yg lalu, namun baru resmi beredar bulan ini.. kabar peresmiannya ada di website resmi Bank Indonesia dalam siaran persnya… seperti yang saya kutip di bawah ini:

No.11/ 19 /PSHM/Humas

“………

Uang pecahan baru tersebut bergambar Pangeran Antasari (Pahlawan Nasional asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan) dengan gambar bagian belakang Tarian Adat Dayak. Uang tersebut akan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah mulai tanggal 10 Juli 2009. Pemilihan gambar pada uang tersebut mengacu kepada desain uang kertas sebelumnya yang bertemakan Pahlawan Nasional. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada para pahlawan dan untuk turut serta melestarikan budaya bangsa.

Uang kertas baru pecahan Rp2.000 berwarna dominan abu-abu dengan unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari dengan benang pengaman yang tertanam di kertas uang dan bertuliskan BI2000 berulang-ulang yang akan memendar merah di bawah sinar ultraviolet. Uang kertas pecahan baru ini juga mengakomodasi kebutuhan para tuna netra dengan menyediakan kode tertentu (blind code) di samping kanan bagian muka uang yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio.

….. ”

BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT

Nah, baru kemaren saya bisa melihat jelas bentuk dan warna uang pecahan 2000 rupiah yg baru itu, bahkan sempet diambil gambarnya… hehehehe…. seperti gambar dibawah ini, ukurannya serupa dengan uang pecahan 5000 rupiah… sayangnya saya lupa ngambil gambar belakangnya….

duit 2000an

Yang gambar yang lebih jelas lagi, bisa melihat di link berikut: yang tampak depan dan tampak belakang…. Ditengarai pula saat lebaran nanti permintaan untuk uang pecahan ini akan meningkat drastis…. tapi tentu saja Bank Indonesia sudah mengantisipasi permintaan tersebut…

So, ada yg mau nuker? dateng aja langsung ke Bank Indonesia…..😀

Posted in: My Life