As long as everybody is happy…

Posted on June 19, 2009

1


Entah trauma atau tidak, namun saya merasa menjadi orang yang disalahkan setiap ada hal-hal yang tidak berjalan seperti seharusnya. Sejak kecil hingga hampir 20 tahun lamanya, secara refleks, saya selalu merasa menjadi orang yang bersalah atau menjadi pokok permasalahan di hal-hal yang tidak seharusnya terjadi. Dan jika berada di posisi terjepit, atau berada dalam pilihan-pilihan yang sulit, saya cenderung untuk mengorbankan diri saya karena saya menganggap bahwa saya lah penyebab pilihan-pilihan sulit itu hadir. Bahwa semua yang salah terjadi gara-gara saya… walaupun terkadang saya mencoba dengan sangat keras untuk berfikir bahwa ada faktor-faktor lain di luar saya… tetapi tetap saja saya tidak bisa menahan diri saya untuk tidak merasa bersalah…..

Saya sering memilih pilihan-pilihan yang sulit, entah secara tidak sadar karena saya merasa bersalah atau pun karena orang-orang secara tidak sengaja pula mendorong saya untuk memilih pilihan sulit tersebut… walaupun terkesan merugikan diri sendiri, saya cenderung mengatakan bahwa saya mengorbankan diri saya demi kebahagiaan orang lain.. meski mereka tidak menyadarinya…

Saya merasa lebih baik saya yg menanggung kesalahan, yg menanggung beban, yg menelan pil pahit.. selama semua orang bisa merasa tenang dan bahagia. Mungkin saya bisa ikut bahagia saat melihat orang lain bahagia… ikut tersenyum… ikut tertawa… meski batin menangis, mengiris perih di hati….

But you know, meski begitu… dari banyak hal yg terjadi.. saat saya menyalahkan diri saya sendiri… saya pun masih belajar sesuatu.. belajar untuk menahan diri dari ego-ego dan keinginan diri sendiri… menahan kekesalan kepada orang lain… menahan nafsu amarah…. yang pada akhirnya cuma bisa pasrah dan menangis….

oh tidak… saya bukan menangisi pilihan saya… tangis itu untuk menggantikan kesal dan marah yg tidak dikeluarkan melalui kata-kata…. tolong jangan menganggap saya menangis karena sedih… kesedihan saya tidak akan menjadikan siapa pun merasa kasihan dengan saya…

apakah ini sebuah efek trauma kah? mungkin saja… karena saya rasa pun ada sosok yang membuat saya seperti ini… ataukah apa ini sebuah bentuk kelainan…? hihihi… beware of me.. hahaha…

Entahlah…

Posted in: My Life