My daily job

Posted on July 3, 2008

0


fiuh…

it starts again. my daily job as a digital content editor. So, what do I do?

.. ngedit tugas akhir-thesis-disertasi dari bentuk softcopy lalu di upload ke dalam Digital Library untuk ditampilkan. simple sih tapi butuh ketelitian tinggi. ada mikirnya juga, apalagi kalo harus bikin keyword, kadang agak bingung jg, karena bidang teknik punya istilah sendiri. Ga bisa ditebak dari judulnya juga tuh.😀

Cape badan sih engga, cuma cape mata aja.. hehehe… Tapi so far, seneng-seneng aja tuh ngerjainnya.

Banyak yang bingung. Katanya pustakawan, tapi kok kerjaannya kayak gitu ya? well, my friend, librarians is not only manage books, but also information. Asumsinya sama aja dengan information sharing dan knowledge management. Cuma berbeda dalam bentuknya aja.

Sebenernya, sebelum saya kerja disini (Perpus ITB-red), saya pernah jadi puskawan juga di perpustakaan jurusan Teknik Penerbangan ITB, yang mana saya menjadi pustakawan “tunggal” alias semua yang mengerjakan saya sendiri. Mulai dari pengolahan, entri data, penyimpanan di rak, hingga pelayanan, semua dikerjakan sendirian. Jadi yaa mungkin sekarang saya sedang mencoba sesuatu yang baru dalam hidup “kepustakawanan” saya. Istilahnya, saya pernah mencoba melakukan semua jenis pekerjaan yang berhubungan dengan Librarian job. (*halahh.. emangnya film -bank job-..😀 )

Sebenernya banyak orang masih memandang sebelah mata pekerjaan pustakawan. Kesannya ga elit gitu. Belum lagi ada image bahwa pustakawan tuh judes, tidak ramah, galak, ga gaul, alias kuno, plus penampilannya yang “biasa” aja.

Kenyataannya, ga semua seperti itu kok. Pengalaman saya sendiri, saya merubah image perpustakaan dan pustakawan waktu saya masih bekerja di perpustakaan Teknik Penerbangan ITB. Memulainya ketika masih belum teratur. Kini, sudah rapih, full music (dengan 6 buah speaker di setiap sudut ruangan), AC biar sejuk, plus tempat duduk ala taman (di luar), dengan pustakawan yang bergaya santai … (tsahhh😀 ). Awalnya sepi, sekarang lumayan rame lah… ampe kalo mau tutup aja musti diusir-usir hehe.. sori ya?

Anyway, I have to go back to work, or my boss will kill me …😀 huahahahahaha…

Tagged:
Posted in: My Life